Paket Wisata Api Biru Kawah Ijen

Paket Wisata Api Biru Kawah Ijen

Paket Wisata Api Biru Kawah IjenPaket Wisata Api Biru Kawah Ijen atau Paket Wisata Kawah Ijen Blue fire/Blue flame. Fenomena api biru ( blue fire ) di kawah Ijen begitu mendunia, karena memang hanya ada dua, yaitu di Islandia dan Gunung Ijen. Begitu terkenalnya si api biru ini hingga banyak sekali turis mancanegara yang rela datang jauh-jauh untuk menyaksikan keajaiban alam ini. Api biru ini sebenarnya bukanlah api melainkan gas alam yang keluar dari tanah dan bertemu oksigen. Fenomena tersebut tampak seperti api yang berwarna biru pada kompor gas dalam kegelapan malam. Memang api biru ini tidak dapat dilihat jika matahari terbit. Waktu terbaik melihat fenomena api biru sekitar jam 02.00-04.00 karena pada waktu itu kualitas oksigen sangat bagus. Keajaiban alam ini pertama kali dilihat masyarakat sekitar tahun 1950-an, kemudian menjadi populer di kalangan turis.

Waktu Terbaik Menikmati Fenomena Api Biru
Waktu terbaik menyaksikan fenomena api biru di obyek wisata kawah Ijen adalah pada musim kemarau di bulan Juli sampai September. Tidak disarankan untuk mendatangi lokasi ini pada musim hujan karena kondisi jalan setapak menuju puncak sangat licin dan berbahaya. Waktu terbaik untuk mendaki gunung Ijen adalah pukul 05.00 sampai 06.00, karena pada waktu ini matahari belum bersinar terik. Sebab lamanya perjalanan naik turun kawah Ijen memakan waktu sekitar empat jam. Selain itu pemandangan kawah di pagi hari sangat indah dengan kabut tipis yang menyelimuti sekitar kawah dan asap belerang belum berbau. Api biru hanya bisa dilihat pada dini hari, yaitu sekitar pukul 01.00-05.00 atau sebelum matahari terbit. Warna terang yang muncul ini berasal dari tingginya suhu kawah tersebut.

Baca juga: Paket wisata kawah ijen 2 hari 1 malam

Ada baiknya Anda menyewa pemandu wisata terlatih jika ingin menyaksikan keindahan alam ini dan bermalam di sekitar Patulding. Di pos Patulding ada penginapan yang dikelola pemerintah dengan harga bervariasi dari Rp 100.000,00 hingga Rp 500.000,00 yang berupa villa dengan tiga kamar. Sambil menunggu waktu pendakian tengah malam Anda bisa beristirahat di penginapan tersebut. Pilihan lain bisa menyewa guest house milik PTP Perkebunan Blawan dan Jampit dengan harga di kisaran Rp 200.000,- perkamar/malam. Tapi jika Anda menginap di dua tempat ini harus menyewa kendaraan karena perjalanan menuju pos Patulding sejauh 15 kilometer.

Paket Wisata Api Biru Kawah Ijen
Anda yang tidak ingin repot berwisata melihat api biru dapat memilih paket Wisata api biru Kawah Ijen. Paket Tour api biru ini membutuhkan waktu 2 hari 1 malam dengan penjemputan dari Surabaya/Malang.

Hari pertama kru dari travel agent akan menjemput wisatawan di Surabaya/Malang pada pagi hari, karena perjalanan menuju area Gunung Ijen membutuhkan waktu 6-7 jam perjalanan. Selama perjalanan peserta tour akan istirahat di restoran sekitar pantai Pasir Putih. Setelah itu lanjut menuju Gunung Ijen dengan lama perjalanan 2 jam. Sampai di hotel acara bebas, Anda bisa beristirahat atau ingin berkeliling melihat-lihat perkebunan kopi, mengunjungi air terjun Blawan atau berendam di kolam air hangat belerang.

Hari kedua, wisata blue fire dimulai pukul 01.30 dengan berkendara selama 45 menit menuju pos Patulding yang merupakan pintu masuk jalur trekking/pendakian. Tiba di pos Patulding pendakian dimulai dengan waktu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam untuk mencapai kawah Ijen. Di puncak keindahan blue fire sangat mempesona, Anda bisa menikmati pemandangan tersebut hingga matahari terbit. Akhir dari tour Paket Wisata Api Biru Kawah Ijen Anda akan diantar pulang ke hotel untuk berkemas dan check out. Selanjutnya kru tour akan mengantar Anda kembali ke Surabaya/Malang di tempat yang sudah disepakati sebelumnya.

Paket Wisata Api Biru Kawah Ijen

Demikian lah ulasan mengenai Paket Wisata Api Biru Kawah Ijen, jika anda berminat dengan paket wisata murah diatas silahkan hubungi kami.